Tuesday, January 23, 2018

Apa Yang Terjadi Kalau Iuran Pertama Bpjs Terlambat Dibayarkan ?

Apa yang terjadi jikalau Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ? - Untuk menjadi akseptor bpjs kesehatan maka calon akseptor harus melaksanakan registrasi di kantor bpjs atau melaksanakan pendaftaran secara online jikalau dalam 1 KK semuanya belum menjadi akseptor BPJS kesehatan.

Setelah melaksanakan registrasi menjadi akseptor BPJS, akseptor akan mendapat Kode Virtual Account (VA) yang memuat nomor rujukan untuk melaksanakan pembayaran iuran pertama

Setelah mendapat nomor virtual account, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh akseptor ialah membayar iuran pertama bpjs, pembayaran iuran pertama bpjs kesehatan biasanya harus dibayarkan minimal sesudah 14 hari semenjak mendaftar dengan jatuh tempo hingga 30 hari.

Apa yang terjadi jikalau Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan  Apa yang terjadi jikalau Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?


Jika iuran pertama dibayarkan sebelum 14 hari, maka biasanya nomor pembayaran virtual account tidak akan dikenali oleh sistem, dengan pesan nomor virtual account tidak terdaftar, penyababnya ialah alasannya pengolahan data bpjs kesehatan untuk akseptor yang bersangkutan masih dalam proses.

Lantas apa kesannya jikalau pembayaran iuran pertama tidak dibayarkan samai lewat jatuh tempo? apakah akseptor akan dianggap sudah mendaftar dan tidak akan terkena tunggakan ?

Apa yang terjadi jikalau Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?

Ada berbagai akseptor bpjs yang sudah mendapat nomor virtual account namun mereka tidak pernah membayar iuran pertama padahal sudah lewat jatuh tempo, baik alasannya lupa atau mungkin saja alasannya dananya belum siap.

Lantas apa yang akan terjadi jikalau iuran pertama bpjs tidak dibayarkan, apakah akan terkena tunggakan bpjs ?

Peserta yang sudah mendapat Nomor virtual account namun tidak pernah membayar iuran pertama bpjs, maka akseptor yang bersangkutan tidak akan terkena denda.

Kepesertaan yang berangkutan akan ditangguhkan alias dicancel, yang harus dilakukan oleh akseptor ialah melaksanakan registrasi bpjs kembali menyerupai semula dengan cara tiba pribadi ke kantor bpjs.

Di kantor bpjs akseptor akan mendapat kembali nomor virtual account yang baru, dan pembayarannya pun tetap harus dilakukan setidaknya sesudah 14 hari semenjak virtual account gres tersebut diperoleh dan jatuh temponya selama 30 hari semenjak virtual akun diterima.

 Kesimpulan

Kaprikornus kesimpulannya untuk anda yang kebetulan tidak sempat membayarkan iuran pertama bpjs sementara waktu pembayaran iuran pertama sudah jatuh tempo, maka anda tidak terkena tunggakan.

Tugas anda ialah melaksanakan registrasi ulang dengan tiba pribadi ke kantor bpjs terdekat, anda akan mendapat kembali nomor virtual account baru, dan iuran pertama untuk virtual account tersebut harus anda bayar paling cepat sesudah 14 hari hingga 30 haru semenjak VA diterima.


Demikian artikel mengenai  Apa yang terjadi jikalau Iuran Pertama BPJS terlambat dibayarkan ?, biar artikel di atas bermanfaat dan menambah isu anda terhadap layanan bpjs kesehatan.



0 comments

Post a Comment