Wednesday, February 14, 2018

Cara Gampang Mengetahui Nomor Kartu Bpjs Kesehatan Yang Hilang

Cara mengetahui no kartu bpjs yang hilang bergotong-royong sangat mudah, tapi mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui caranya. - Kartu bpjs yaitu kartu identitas akseptor bpjs yang harus selalu dijaga jangan hingga hilang dan harus selalu dibawa dan ditunjukan saat akseptor ingin memakai pelayanan dari bpjs kesehatan. di kartu bpjs tertera biodata akseptor ibarat nama peserta, nomor kartu akseptor dan juga faskes tingkat 1 (fasilitas keseahtan tingkat 1) yang harus dikunjungi pertama kali oleh akseptor saat akseptor ingin memakai layanan rawat jalan dari bpjs.

Ada kalanya alasannya beberapa hal, kartu bpjs dapat saja hilang atau rusak, bila rusak bergotong-royong tidaklah duduk kasus yang penting nomor kartu masih terbaca, namun bila hilang urusannya lain lagi, anda tidak akan dapat memakai layanan bpjs, bahkan mungkin akan kesulitan saat melaksanakan perubahan data kepesertaan, baik untuk pindah kepesertaan maupun memperbaiki data yang salah.

Cara mengetahui no kartu bpjs yang hilang bergotong-royong sangat gampang Cara Praktis Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Jika kartu bpjs kesehatan anda hilang maka sebaiknya anda segera mengurus kartu bpjs kesehatan yang hilang biar diganti dengan kartu bpjs baru, dengan cara tiba pribadi ke kantor bpjs setempat dengan membawa berkas persyaratan surat kehilangan dari kepolisian, memang akan sedikit ribet alasannya anda mau tidak mau harus menciptakan surat keterangan hilang, kartu anda akan diganti dengan kartu gres oleh pihak bpjs kesehatan.

Untuk beberapa keperluan, mungkin anda hanya ingin mengetahui nomor kartu saja tanpa menggantinya, ibarat yang dialami oleh salah satu akseptor bpjs, beliau ingin beralih dari akseptor bpjs berdikari menjadi akseptor bpjs kesehatan yang ditanggung perusahaan, tapi sayangnya kartu bpjs miliknya hilang, namun pihak perusahaan hanya meminta nomor kartunya saja, lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Di artikel kali ini aku ingin memperlihatkan cara gampang untuk mengetahui nomor kartu (NOKA) bpjs kesehatan bila kartu hilang.

Cara Praktis Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Untuk mengetahui no kartu bpjs kesehatan yang hilang bergotong-royong sangatlah mudah, syaratnya yaitu anggota keluarga anda (sesuai KK) ada yang sudah terdaftar juga menjadi akseptor bpjs kesehatan dan kartunya masih ada.

Langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang yaitu sebagai berikut:

a. Gunakan kartu bpjs salah satu keluarga anda yang masih ada.

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, tampilannya kurang lebih akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:

Cara mengetahui no kartu bpjs yang hilang bergotong-royong sangat gampang Cara Praktis Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs salah satu anggota keluarga anda yang kartunya masih ada.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melaksanakan proses pengecekan untuk data yang anda masukan, silahkan tunggu hingga selesai.

Jika benar maka anda akan melihat tampilan isu data akseptor BPJS yang anda masukan, yang melipiti
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga isu tanggal pembayaran terakhir. ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:
Cara mengetahui no kartu bpjs yang hilang bergotong-royong sangat gampang Cara Praktis Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Cara di atas bergotong-royong cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan bpjs, namun dapat anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang, dengan cara di atas, maka setiap anggota keluarga anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai akseptor bpjs akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, tunggakan dan lain-lain..

Data anda juga akan muncul dan anda dapat melihat nomor akseptor kartu bpjs anda yang hilang di kolom No Peserta, silahkan lihat dan catat bila diperlukan. Bagaimana gampang bukan.


Demikian wacana cara gampang mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan yang hilang, semoga artikel di atas membantu. Salam.

0 comments

Post a Comment