Thursday, January 18, 2018

#7 Pertanyaan Seputar Kartu Dan Registrasi Bpjs Kesehatan

Untuk menjadi penerima bpjs kesehatan, langkah pertama yang harus ditempuh yakni melaksanakan pendaftaran, baik registrasi secara online maupun offline, sesudah registrasi berhasil, dan iuran pertama di bayarkan, selanjutnya si penerima akan mendapatkan kartu identitas yang disebut dengan kartu BPJS / kartu KIS.

Sampai dikala ini ada aneka macam pertanyaan terkait proses registrasi dan juga proses mendapatkan kartu bpjs, bahkan ada aneka macam penerima yang masih mempunyai persepsi bahwa sesudah daftar pribadi mendapatkan kartu bpjs, padahal tidaklah menyerupai itu.


Oleh alasannya yakni itu di artikel kali ini saya akan menguraikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh penerima bpjs kesehatan terkait dengan proses registrasi dan kartu bpjs.


Pertanyaan seputar kartu dan registrasi bpjs kesehatan
Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh penerima bpjs terkait kartu dan proses pendaftaran:

#1. Apa saja syarat untuk mendaftar bpjs ?

Ini pernah diuraikan di artikel sebelumnya mengenai syarat registrasi bpjs, baik secara offline maupun online.

Kurang lebih persyaratan lengkap yang dibutuhkan yakni sebagai berikut:
1.  Asli dan Fotocopy KTP (diutamakan ktp elektronik)

2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

3. Surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, jikalau registrasi dilakukan di kantor BPJS keseahatan yang tidak sesuai dengan alamat KTP.

4. Fotocopy Nomor rekening bank yang sudah berhubungan dengan BPJS (BNI, BRI, BTN dan Mandiri), Ini Khusus yang ingin mengambil kelas 1 atau kelas 2

5. Asli KITAS/KITAP untuk WNA.

6. Photo berwarna 3x4 1 lembar, kecuali  balita.

7. Mengisi Formulir isian registrasi (Formulir sanggup diambil di kantor bpjs/ download disini)

8. Menyetujui dan memathui syarat dan ketentuan yang berlaku 


#2. Berapa usang proses pembuatan kartu bpjs

Untuk mengetahui lamanya proses pembuatan kartu bpjs, maka anda setidaknya harus mengetahui mekanisme registrasi bpjs.

Prosedur registrasi bpjs sanggup dilakukan baik secara offline dengan tiba pribadi ke kantor bpjs atau secara online melalui situs resmi bpjs kesehatan atau melalui customer care bpjs.

Namun umumnya waktu yang dibutuhkan hingga penerima mendapatkan kartu bpjs relative membutuhkan waktu yang tidak jauh berbeda.

Prosedur registrasi bpjs yakni sebagai berikut:

1. Peserta melaksanakan registrasi dengan mempersiapkan persyaratan registrasi bpjs yang telah ditentukan.

2. Setelah penerima simpulan melaksanakan registrasi penerima tidak akan pribadi mendapatkan kartu, namun penerima akan mendapatkan Nomor Virutal Account Keluarga (VA Keluarga) dalam bentuk lembaran keretas, di VA keluarga tercantum nomor rekening tujuan untuk melaksanakan pembayaran iuran pertama.

3. Peserta Harus membayar iuran pertama biasanya sesudah 14 hari hingga dengan 30 hari semenjak mendapatkan nomor virtual account.

Anda mungkin bertanya, Kenapa pembayaran iuran pertama harus menunggu 14 hari  ?
Ini dikarenakan untuk penerima gres ada proses pengolahan dan validitas berkas hingga data penerima siap.

4. Setelah penerima membayar iuran pertama, Peserta Bisa mengambil kartu bpjs di kantor BPJS dengan membawa bukti pembayaran iuran pertama dan Kartu Keluarga.

Berapa usang registrasi BPJS ?

Dari uraian di atas kita sanggup menyimpulkan bahwa registrasi bpjs itu 1 hari saja sanggup selesai, namun Lamanya proses pembuatan kartu hingga kartu diterima dan siap dipakai kira kira 14 hari hingga 30 hari semenjak melaksanakan pendaftaran. tergantung seberapa cepat anda membayar iuran pertama dan mengambil kartu bpjs anda.

#3 Apakah sesudah daftar kartu bpjs akan pribadi aktif dan siap dipakai ?

Setelah anda simpulan mendaftar anda tidak akan pribadi mendapatkan kartu, lihat lagi uraian di atas, kartu bpjs gres sanggup anda terima ketika anda simpulan membayar iuran pertama yang sanggup dibayarkan sesudah 14 hari hingga 30 hari semenjak anda melaksanakan pendaftaran.

Kartu bpjs yang anda terima akan pribadi aktif dan sanggup pribadi dipakai untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mengikuti sistem pelanan berjenjang.

#4 Kapan kartu BPJS Bisa dipakai sesudah mendaftar

Jawaban untuk pertanyaan ini sama dengan nomor #3 di atas, jikalau kartu sudah diterima, kartu pribadi aktif dan sudah sanggup digunakan.

#5 Bagaimana Cara mengambil Kartu BPJS.

Untuk penerima yang melaksanakan registrasi secara offline di kantor bpjs, maka kartu sanggup diambil di kantor bpjs sesudah iuran pertama dibayarkan, syarat pengambilan kartu yakni bukti pembayaran dan kartu keluarga.

Begitu juga untuk anda yang melaksanakan registrasi secara online, kartu akan anda terima sesudah iuran pertama dibayarkan, kartu akan dikirim pribadi ke alamat peserta.

#6 Berapa usang masa aktif kartu BPJS ?

Kartu BPJS selamanya akan aktif dan sanggup dipakai jikalau iuran bulanan lancar dibayarkan.

Kartu akan nonaktif atau diblokir jikalau si penerima menunggak pembayaran iuran bulanan minimal 1 bulan, kartu akan aktif kembali sesudah penerima melunasi seluruh tunggakan.



#7. Bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu bpjs yang sudah diblikir

Kartu bpjs akan pribadi diblokir dan tidak aktif jikalau si penerima menunggak iuran minimal 1 bulan, untuk mengaktifkan kartu tersebut penerima harus melunasi seluruh tunggakan, umumnya kartu akan pribadi aktif dan sanggup dipakai kembali sesudah tunggakan dilunasi


Demikian isu mengenai hal- hal yang berkaitan dengan kartu bpjs, dengan artikel di atas saya berharap anda sudah mempunyai balasan terkait pertanyaan anda terutama Pertanyaan seputar kartu dan registrasi bpjs kesehatan, biar membantu.

0 comments

Post a Comment