Saturday, January 27, 2018

Cara Cek Aktif Tidaknya Kartu Jamkesmas/Jamkesda /Askes

Dulu sebelum kala bpjs, jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk warga miskin dan kurang bisa yakni JAMKESMAS dan JAMKESDA, kedua aktivitas pemerintah tersebut hanya diperuntukan untuk warga miskin yang kurang bisa menurut data dinas sosial, namun di kala bpjs dikala ini kedua aktivitas bpjs tersebut sudah digantikan oleh bpjs kesehatan PBI (Penerima pinjaman iuran) yang hanya berhak atas kelas III.

Walaupun aktivitas bpjs kesehatan sudah cukup usang bergulir ternyata masih banyak masyarakat sebagai pemegang kartu jamskesmas dan jamkesda yang kepersertaannya belum dialihkan sebagai akseptor bpjs kesehatan PBI (Penerima pinjaman iuran dari pemerintah), namun walaupun begitu mereka tetap masih bisa memakai kartu jamkesmas / jamkesda miliknya untuk mendapat pelayanan kesehatan layaknya akseptor bpjs pbi.

 jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk warga miskin dan kurang bisa adal Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes


Sebenarnya Pemegang kartu jamsostek maupun jamkesmas, pada balasannya kepesertaannya akan otomatis menjadi akseptor BPJS PBI yang iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah, dengan catatan kepesertaan jamkesmas / jamkesda mereka masih aktif.

Yang sering menjadi pertanyaan yakni bagaimana cara mengetahu Aktif tidaknya kartu jamkesmas dan jamkesda yang mereka miliki, alasannya yakni aneka macam kasus yang sebelumnya pemegang kartu jamkesmas / jamkesda namun ternyata ketika ingin berobat status kartunya sudah non-aktif.

Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes

Status aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda memang perlu diketahui apalagi anda sudah cukup usang tidak mengunakan kartu tersebut, tujuannya yakni supaya anda lebih gampang melaksanakan pindah kepesertaan dan hal-hal lainnya yang bekerjasama dengan manajemen jaminan kesehatan nasional.

Lantas bagaimana cara mengetahui aktif tidaknya kartu jamkesmas / jamkesda ?

Sampai hari ini yang saya tau ada 2  cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui status aktif tidaknya kepesertaan jamkesda / jamkesmas sebagai berikut:

1. Menghubungi petugas bpjs kesehatan

Cara pertama yang bisa anda tempuh yakni menghubungi petugas bpjs kesehatan dengan tiba pribadi ke kantor bpjs kesehatan, minta kemereka untuk mengetahui gosip status kepesertaan bpjs anda, syaratnya anda harus membawa kartu jamkesmas/jamkesda anda atau paling tidak anda mengetahui nomor jamkesmas/jamkesda anda dan bawa juga kartu keluarga (KK).

Biasanya anda akan dibantu oleh mereka untuk mengetahui status aktif tidaknya kepesertaan jamkesmas / jamkesda anda melalui aplikasi khusus.

Jika data anda masih diikutsertakan di hasil rekonsiliasai oleh kementrian kesehatan maka data anda akan aktif, namun bila di data rekonsiliasi terbaru tidak ada, maka kepesertaan anda kemungkinan tidak aktif.

Kepesertaan Jamkesmas/jamkesda akan dinonaktifkan secara otomatis oleh perintah, bila di data hasil rekonsiliasi yang dilakukan oleh kementrian sosial data anda tidak diikutsertakan, biasanya dikarenakan keluarga anda sudah dianggap tidak lagi masuk kategori warga miskin atau kurang mampu.

2. Melalui Situs Tanya jawab Lapor.go.id

Cara kedua yang sanggup anda pilih apabila anda malas untuk tiba pribadi ke kantor bpjs yakni dengan memakai situs tanya jawab lapor.go.id

Situs tersebut yakni situs resmi pemerintah untuk media tanya jawab hal-hal yang berkaitan dengan pemerintah termasuk untuk bertanya persoalan Jaminan kesehatan masyarakat menyerupai Jamkesmas, Jamkesda, askes dan bpjs, baik bpjs kesehatan maupun bpjs tenaga kerja.

Di situs tersebut anda biasanya harus melaksanakan pendaftaran dulu dan anda bisa mengajukan pertanyaan terkait kasus anda, biasanya jawaban akan anda terima dalam beberapa hari.

Apakah tidak ada Aplikasi khusus untuk cek aktif tidaknya kepesertaan jamkesmas / jamkesda ?

Sejauh ini saya belum mendapat gosip wacana adanya aplikasi yang sanggup dipakai untuk cek status kepesertaan jamkesmas/ jamkesda.

Cara diatas yakni cara yang dikala ini banyak dipilih sebagai alternatif untuk mendapat gosip status kepesertaan jamkesmas anda.

Namun bila anda punya cukup gosip wacana cara cek status jamkesmas/jamkesda, silahkan membuatkan di komentar, barangkali pengalaman anda bermanfaat untuk orang lain.

Demikian wacana bagaimana Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes, semoga membantu.

0 comments

Post a Comment