Monday, January 1, 2018

Mengatasi Kjp Yang Hilang Untuk Mencaikan Dana Jht Bpjs Tk / Jamsostek

BPJS Taman Kanak-kanak atau tubuh pengelola jaminan sosial tenaga kerja merupakan jadwal pemerintah peralihan dari jadwal JAMSOSTEK sebelumnya, jadwal ini merupakan jadwal yang memperlihatkan jaminan sosial ekonomi kepada setiap pekerja baik sektor formal maupun informal.

Setiap pekerja yang sudah ikut menjadi akseptor bpjs ketenagakerjaan akan mempunyai kartu identitas akseptor yang dikenal juga dengan sebutan KPJ (kartu akseptor jamsostek), di dalam kartu umumnya memuat biodata penting akseptor yang bersangkutan, yang mencakup nama dan nomor KJP.

Kartu KJP juga merupakan syarat penting yang harus dibawa saat akseptor melaksanakan klaim dana JHT BPJS TK, kalau kartu hilang maka klaim dana JHT pun akan sulit untuk dicairkan.

Lantas bagaimana kalau kartu KJP memang benar-benar hilang, bagaimana solusinya ?

BPJS Taman Kanak-kanak atau tubuh pengelola jaminan sosial tenaga kerja merupakan jadwal pemerintah pera Mengatasi KJP yang Hilang untuk mencaikan dana JHT BPJS Taman Kanak-kanak / Jamsostek


Tidak jarang  alasannya yaitu beberapa hal, ada banyak akseptor bpjs tk yang mengalami kehilangan KJP, padahal mereka ingin melaksanakan pencairan dana JHT yang sudah menjadi haknya, tentu saja tanpa adanya KJP klaim pencairan dana jht bpjs tk atau jamsostek tidak akan sanggup dilakukan hingga kapanpun.

Mengatasi KJP yang Hilang untuk mencaikan dana JHT BPJS Taman Kanak-kanak / Jamsostek

Untuk anda yang kebetulan kehilangan KJP, baik yang masih bekerja maupun yang sudah berhenti bekerja, sementara anda ingin melaksanakan pencairan, bekerjsama anda masih mempunyai kesempatan untuk melaksanakan pencairan KJP yaitu dengan menciptakan surat kehilangan KJP dari kepolisian.

Untuk anda yang ingin menciptakan surat kehilangan KJP di kepolisian, maka persyaratan dan mekanisme yang harus anda tempuh yaitu sebagai berikut:

Cara menciptakan surat kehilangan Kartu bpjs tk (KJP) dari kepolisian untuk akseptor yang sudah berhenti bekerja.

Untuk anda yang sudah berhenti bekerja dan kebetulan ingin mencairkan dana JHT namun kartu kjp hilang, anda sanggup menciptakan surat keterangan hilang dari kepolisian dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pastikan anda mengetahui nomor KJP dari kartu bpjstk yang anda miliki. 
Jika anda tidak tau nomor KJP anda, maka anda sanggup menghubungi perusahaan anda di bab HRD daerah anda dulu bekerja untuk meminta data no KJP anda. 

Atau anda sanggup tiba ke kantor BPJS Taman Kanak-kanak dimanapun dengan membawa identitas diri, alasannya yaitu dalam pelaporan kehilangan di kantor polisi setempat dibutuhkan nomor kpj yang hilang tersebut. 

Nanti Anda akan mendapatkan Formulir yang berisi info kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda dan sudah ditandatangani dan distempel oleh perusahaan dengan keterangan jenis permasalahan kartu KPJ Hilang.

2. Jika Anda sudah mendapatkan nomor kepesertaan bpjs ketenagakerjaan (KPJ), selanjutnya menuju  ke kantor polisi setempat untuk menciptakan surat laporan kehilangan kartu KPJ. Di sana akan ditanya nomor KPJ, nama perusahaan yang mendaftarkan KPJ Anda, serta lokasi dan waktu hilangnyanya KPJ.

3. Surat pernyataan dari kepolisian sanggup menjadi pengganti KPJ anda yang hilang, sehabis surat kehilangan akibat dibuat, anda sanggup mencairkan dana jht bpjs tk anda dengan tiba pribadi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa persyaratan untuk mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Jika persyaratan bpjs benar dan valid maka pencairan pun akan diproses dengan lancar, dan anda akan mendapatkan dana jht anda dalam beberapa hari pribadi masuk ke rekening bank anda yang anda gunakan untuk pencairan.

Cara Membuat Surat Kehilangan dari kepolisian untuk Peserta yang masih bekerja untuk menerbitkan KPJ Baru

Sedangkan untuk anda yang kebetulan masih bekerja dan kartu KPJ hilang, maka anda sanggup menciptakan KPJ Baru dengan pengantar surat kehilangan dari kepolisian, langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mintalah surat pernyataan kehilangan KPJ pada perusahaan daerah Anda bekerja. Surat keterangan umumnya berisi info kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda dan sudah ditandatangani dan distempel oleh perusahaan dengan keterangan jenis permasalahan kartu KPJ Hilang.

2. Dengan berbekal surat pernyataan kehilangan dari kepolisian, selanjutnya menuju kantor polisi setempat untuk menciptakan surat laporan kehilangan kartu KPJ dari kepolisian. Umumnya data yang dibutuhkan untuk menciptakan surat keterangan dari kepolisian meliputi:
  • Nomor KPJ
  • Nama perusahaan yang mendaftarkan KPJ Anda 
  • Lokasi dan waktu hilangnya KPJ.

3. Setelah surat kehilangan dari kepolisian jadi, selanjutnya anda menuju kantor BPJS kesehatan daerah perusahaan anda mendaftarkan kepesertaan anda, untuk melaporkan persoalan kehingan dengan membawa persyaratan:
  • Asli dan fotokopi KTP, 
  • Asli dan fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat kehilangan dari kantor polisi
  • Surat keterangan dari perusahaan bahwa kita masih aktif bekerja
  • Formulir dari perusahaan mengenai kartu KPJ hilang (surat pengantar dari perusahaan).

4. Petugas BPJS akan menerbitkan KPJ duplikat atas dasar surat laporan kehilangan dari kepolisian dan surat pengantar dari perusahaan.

Jika anda tidak mau repot-repot bekerjsama anda sanggup meminta pinjaman perusahaan pada bab HRD yang mengurus persoalan BPJS Ketenagakerjaan dalam kasus tersebut.


0 comments

Post a Comment