Sunday, January 7, 2018

Mengenal 7 Simbol Arahan Segitiga Pada Kemasan Plastik Untuk Menjaga Kesehatan

Mengenal Simbol instruksi segitiga pada kemasan plastik untuk menjaga Kesehatan - Hampir semua peralatan ketika ini memakai materi dasar plastik, baik itu untuk kemasan makan, barang-barang dan peralatan lainnya, plastik dipilih sebab tekturnya yang cukup besar lengan berkuasa dan masa nya yang cukup ringan.

Namun tahukah anda bahwa plastik itu yang banyak digunakan ketika ini tidak semuanya aman, ada jenis plastik tertentu yang berbahaya ketika digunakan untuk mengemas makanan, penyebabnya sebab materi dasar materi pembuatan plastik bermacam-macam.

Untuk mengenali setiap jenis  kemasan berbahan dasar plastik maka The society of plastic industry yang berpusat di amerika serikat bekerja sama dengan lembaga-lembaga pengembangan sistem pengkodean, pada tahun 1998 resmi mengeluarkan simbol khusus untuk setiap jenis plastik berupa angka dari 1 hingga 7 yang dilingkari sebuah segitiga dengan tanda pahan dan di bawahnya mencantumkan instruksi khusus.

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



Simbol tersebut merupakan standar internasional yang bisa kita gunakan untuk menentukan cara pakai serta ancaman tidaknya jenis plastik ketika digunakan untuk mengemas makanan.

Untuk plastik kemasan masakan Kode plastik tersebut umumnya diletakkan di kepingan bawah kemasan, bentuknya berupa tanda segitiga yang di dalamnya terdapat angkat 1 hingga tujuh dan di kepingan bawah segitiga tersebut terdapat instruksi berupa teks yang mempunyai arti.

Mengenal Simbol instruksi segitiga pada kemasan plastik untuk menjaga Kesehatan

Untuk kita yang peduli dengan kesehatan, sebaiknya harus mengenali dan memahami arti dan maksud ke 7 instruksi plastik tersebut, sebab dari ke 7 instruksi plastik tersebut semuanya tidak kondusif kalau digunakan untuk kemasan makanan.

Berikut saya uraikan arti instruksi segitiga yang terdapat di kemasan masakan beserta kaitannya dengan persoalan kesehatan:

Kode 1 PETE/PET(Polyethylene Terephthalate)

Artinya  kemasan plastik yang digunakan terbuat dari polyethylene terephthalate. biasanya digunakan untuk kemasan masakan atau minuman, umumnya Kemasan plastik ini berwarna jernih/bening, permukaannya halus, tidak gampang rusak atau pecah, dan kuat.


  • PETE bisa menghalangi oksigen, air, dan karbon dioksida keluar atau masuk. Oleh sebab itu, PETE sangat cocok digunakan untuk kemasan minuman ringan berkarbonasi (bersoda), air mineral, jus, minuman olahraga, obat kumur, saus, salad dressing, dan lain-lain.


  • Jenis plastik ini sebaiknya hanya digunakan 1 kali pakai.


  • Tidak boleh digunakan untuk menyimpan air hangat atau air panas, sebab zat polimer dan zat karsigonik pemicu kangker pada jenis plastik ini gampang sekali meleleh kalau terkena panas.


  • Daur ulang plastik jenis ini menjadi serat karpet.


Kode 2 HDPE (High Density Polyethylene)

Plastik jenis ini terbuat dari minyak bumi dan materi ini bisa digunakan untuk menciptakan banyak sekali jenis kemasan plastik.

HDPE mempunyai ketahanan kimia yang baik,banyak digunakan untuk botol kosmetik, kantong plastik, botol susu, botol deterjen, botol lotion, botol- botol alat kecantikan dan alat mandi, dan botol obat-obatan.

Ciri-ciri:

  • Warna buram 


  • Hanya sekali pemakaian 
  • Hasil daur ulangnya sanggup digunakan sebagai kemasan produk non-pangan menyerupai pipa dan ember.

Kode 3 PVC atau V Polyvinyl Chloride (PVC) 

Polivinil klorida (PVC) bersifat stabil, kuat, tahan cuaca, dan mempunyai ketahanan kimia yang baik. 

Plastik ini banyak digunakan untuk taplak meja dari plastik, botol shampo, botol sambal, botol semprotan (sprayer), botol minyak goreng, untuk pengepakan kemasan daging segar 

Peringatan:
PVC sanggup menimbulkan ancaman kesehatan yang serius, hati-hati! Jangan membungkus masakan yang panas dan berminyak dengan plastik ini sebab larutan bahannya berbahaya bagi ginjal dan hati.

Karena Bahan kimia untuk menciptakan botol plastik PVC diklaim bisa mengakibatkan kanker dan menghasilkan polusi klorin yang sangat tinggi. 

Ketika digunakan, zat aditif pada botol plastik berbahan ini sanggup terlepas dan menciptakan insan terpapar timbal, timah, serta materi beracun lainnya, Oleh sebab itu, PVC tidak diperbolehkan digunakan sebagai materi pembuatan daerah masakan dan minuman.

Daur ulang dari plastik jenis ini bisa dibentuk menjadi pipa air, selang air, pipa bangunan, mainan dll.

Kode 4 LDPE (Low Density Polyethylene) 

Plastik jenis ini relatif kuat, fleksibel, dan berwarna transparan, Biasa digunakan untuk daerah makanan, dan botol plastik-botol plastik yang lembek, sebagai plastik roti, plastik masakan beku dan wadah untuk mentega dan margarin. 

Ciri-ciri: 
  • Kuat, lunak dan fleksible 
  • Dapat di daur ulang serta baik untuk barang- barang yang memerlukan fleksibilitas tapi kuat. 
  • Tetap baik untuk daerah masakan sebab sulit bereaksi secara kimia dengan masakan yang dikemas dengan materi ini.

Kode 5 PP (Polypropilene)

Plastik jenis ini merupakan pilihan terbaik untuk materi kemasan plastik terutama sebagai daerah masakan dan minuman menyerupai daerah menyimpan makanan, botol minum (termasuk botol minum untuk bayi). 

Ciri-ciri : 

  • Transparan yang tidak jernih atau berawan tapi tembus cahaya, serta tahan terhadap materi kimia, panas dan minyak. 
  • Biasanya didaurulang menjadi casing baterai, sapu, sikat, dll.
  • Bisa digunakan untuk kemasan masakan dan cukup aman.

Kode 6 PS (Polystyrene)  

PS biasa digunakan sebagai pembuatan cangkir, piring, mangkuk, sendok, garpu, kontainer plastik, materi daerah makan styrofoam, daerah minum sekali pakai, daerah CD, karton daerah telor, dll. 

Pemakaian materi ini wajib dihindari untuk mengemas masakan sebab materi styrine sanggup masuk ke dalam masakan ketika masakan tersebut bersentuhan. 

PS mengandung materi beracun yang diduga sanggup menimbulkan kanker dan kerusakan pada sistem saraf, materi Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf manusia.

Kode 7 OTHER / O Untuk jenis plastik 

7 Other ini ada 4 macam, yaitu :
  1. SAN (Styrene Acrylonitrile), 
  2. ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), 
  3. PC (Polycarbonate) 
  4. NI (Nylon). 

Plastik jnis ini banyak ditemukan pada daerah masakan dan minuman menyerupai botol plastik minum olahraga, sparepart mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan. 

Menurut Kementrian Kesehatan RI, SAN dan ABS boleh digunakan untuk kemasan masakan dan minuman, sebab bahan-bahan ini (RI, SAN & ABS) mempunyai resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. 

Biasanya SAN terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai materi mainan lego dan pipa. 

Sedangkan PC dihentikan penggunaannya. Mengapa? PC mengandung bisphenol A (BPA) yang diduga sanggup mengakibatkan kerusakan genetik, kanker, obesitas, diabetes, mengurangi kelangsungan hidup, dan pertumbuhan bayi ketika dilakukan tes pada hewan. Selain itu, berdasarkan hasil percobaan pada tikus laboratorium kalau memakai produk ber-BPA, materi kimia tersebut bisa terdeteksi dalam darah perempuan hamil dan ASI manusia.

Tanda Lain

Selain ke 7 tanda di atas ada juga tanda lain yang sering digunakan pada banyak sekali macam kemasan masakan yang terbuat dari plastik yaitu:

Simbol Food Grade: gambar gelas dan garpu


Artinya wadah tersebut kondusif untuk digunakan untuk masakan dan minuman. Sebaliknya, kalau gambar gelas dan garpu tersebut dicoret, berarti wadah tersebut tidak kondusif untuk masakan dan minuman. 

Simbol Freezer Save: gambar bunga salju

Mengenal Simbol instruksi segitiga pada kemasan plastik untuk menjaga Kesehatan Mengenal 7 Simbol instruksi segitiga pada kemasan plastik untuk menjaga Kesehatan
Artinya wadah kondusif digunakan untuk menyimpan masakan atau minuman dengan suhu rendah atau beku. Sebaliknya, kalau gambar bunga sakju dicoret maka wadah tidak boleh untuk disimpan dalam lemari pendingin.

Simbol Microwave Save: gambar garis bergelombang


Artinya wadah kondusif untuk digunakan sebagai penghangat masakan di dalam microwave, sebab tahan suhu yang tinggi. 

Sebaliknya, gambar garis bergelombang dicoret, wadah tidak boleh digunakan untuk menghangatkan masakan di dalam microwave, tidak tahan suhu yang tinggi atau panas. 

Simbol Oven Save: gambar panggangan (dua garis horizontal)

Artinya kondusif digunakan sebagai penghangat masakan di dalam oven. Meskipun terbuat dari plastik, tetapi tahan suhu tinggi. Sebaliknya, kalau gambar tersebut dicoret, berarti wadah tidak tahan suhu tinggi.

Tips sehat menentukan kemasan plastik untuk makanan

Dari banyaknya instruksi plastik, maka kita harus mengenalinya satu persatu semoga tidak salah salam menentukan materi dasar plastik untuk digunakan sebagai kemasan masakan atau minuman.

Untuk menjaga kesehatan, berikut tips dalam menentukan jenis peralatan berbahan dasar plastik untuk kemasan masakan :

1. Pilihlah daerah kemasan plastik dengan instruksi label 2,4,5 dan 7 (SAN, ABS) 

2. Plastik terbaik yakni instruksi label 5 (PP) 

3. Plastik yang berbahaya : 1,3,7 

4. Tempat untuk masakan atau minuman dan Botol susu sebaiknya materi beling atau kalau menentukan kemasan berbahan dasar plastik pilih botol plastik dengan simbol nomor 4 atau 5 

5. Jangan menyimpan air/susu/makanan dalam keadaan panas hingga terlalu lama. 

6. Gunakan stainless steel atau gelas beling untuk keamanan (minuman)

Dengan mengenali karakteristik plastik yang baik untuk kemasan makanan, sebaiknya pastikan bahwa kemasan plastik yang anda beli merupakan kemasan plastik yang kondusif untuk masakan atau minuman,

Anda bisa melihat terlebih dahulu instruksi plastik di kepingan bawah materi dasar plastik sebelum anda memutuskan untuk membelinya, kalau mempunyai instruksi aman, maka anda bisa memilihnya.

Demikian mengenai Mengenal Simbol instruksi segitiga pada kemasan plastik untuk menjaga Kesehatan, semoga bermanfaat

0 comments

Post a Comment