Monday, January 8, 2018

Mengatasi Nik Sudah Terdaftar Saat Daftar Bpjs Secara Online

Pendaftaran bpjs berdikari secara online memang dianggap sebagai salah satu cara paling mudah yang sanggup kita tempuh untuk menjadi penerima bpjs, sanggup dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus tiba ke kantor bpjs.

Caranya cukup dengan mengunjungi halaman website bpjs untuk melaksanakan registrasi online, lalu dilanjutkan dengan memasukkan data dan syarat pendaftaran, sehabis itu kita tinggal menunggu proses registrasi tanggapan diproses.

Sayangnya walaupun terdengar cukup mudah, ternyata ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan yang harus kita ikuti, salah satu ketentuan untuk daftar bpjs secara online ialah setiap anggota keluarga yang tercatat di kartu keluarga (KK) satu pun belum ada yang menjadi penerima bpjs kesehatan.



Jika ada satu anggota keluarga saja yang sudah terdaftar menjadi penerima BPJS kesehatan maka proses registrasi secara online tidak akan sanggup dilakukan.

Permasalahan registrasi bpjs kesehatan online ini memang sering sekali dialami oleh beberapa calon penerima bpjs yang ingin melaksanakan pendaftaran,  satu permasalahan yang sering sekali dialami ialah munculnya info "Data tidak diproses, NIK KTP sudah terdaftar mohon ke kantor cabang terdekat untuk mengurus kartu bpjs", padahal si penerima yang bersangkutan merasa tidak pernah melaksanakan registrasi bpjs sebelumnya, sehingga mereka tidak sanggup melanjutkan proses registrasi secara online alasannya ialah dilema tersebut.

Penyebab NIK KTP Sudah terdaftar ketika melaksanakan registrasi BPJS kesehatan secara online

Jika anda mengalami permasalahan tersebut itu artinya sistem bpjs mengidentifikasi ada anggota keluarga di kartu keluarga yang anda gunakan atau Anda pribadi sudah dianggap menjadi penerima bpjs kesehatan.

Kemungkinan-kemungkinan yang sanggup terjadi ialah sebagai berikut:

1. Anda mungkin pindah daerah tinggal dan hendak melaksanakan pendaftar ulang bpjs secara online di daerah tinggal gres anda padahal sebelumnya sudah menjadi peserta.

Perlu diperhatikan bahwa kalau sudah menjadi penerima bpjs tidak sanggup daftar untuk yang kedua kali, kalau pindah daerah tinggal maka anda cukup melaksanakan perubahan data kepesertaan bpjs saja


2. Tanpa sepengetahuan anda, anda mungkin sudah masuk menjadi penerima BPJS PBI pemegang kartu KIS / Jamkesmas / jamkesda yang iuran bulanan nya ditanggung oleh pemerintah.

Jika ini terjadi maka silahkan anda lakukan proses penggantian kartu Jamkesda / jamkesmas menjadi kis bpjs.


3. Identitas NIK KTP atau Nomor kartu keluarga anda dipakai oleh orang lain (karena kekeliruan) tanpa sepengetahuan anda.


4. Kesalahan sistem BPJS atau kesalahan operator bpjs ketika memasukkan nomor KK / NIK KTP pada ketika orang lain melaksanakan registrasi bpjs.

5. Ada anggota keluarga anda yang sudah terdaftar menjadi penerima bpjs kesehatan, entah itu penerima bpjs PBI, penerima bpjs PPU Perusahaan atau penerima bpjs mandiri.

Mengatasi NIK Sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online

Jika muncul info nik sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online, maka anda tidak akan pernah sanggup melanjutkan daftar bpjs secara online.

Solusinya ialah mendaftar bpjs secara offline dengan cara tiba pribadi ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan bpjs kesehatan yang telah ditetapkan.

Petugas bpjs akan mencari tahu penyebabnya, dan petugas akan memproses registrasi bpjs anda hingga selesai.




0 comments

Post a Comment