Saturday, February 3, 2018

Cara Jalani Transfusi Darah Gratis Dengan Bpjs Melalui Jalur Igd

Beruntung sekali untuk anda penerima bpjs yang kebetulan sering menjalani transfusi darah lantaran sebab-sebab tertentu, lantaran transfusi darah ternyata sanggup dijamin oleh bpjs.

Untuk menjalani transfusi darah gratis dari bpjs, ada 2 jalur yang sanggup ditempuh, sanggup melalui jalur pasien bpjs umum atau melalui jalur pasien bpjs igd, jalur umum pasien bpjs harus anda tempuh bila kondisi anda bukan gawat darurat cukup usang dan harus rela antri berdesak-desakan, sedangkan untuk kondisi gawat darurat anda sanggup pribadi menuju pintu igd.

Proses yang paling cepat menjalani transfusi darah lantaran badan kekurangan sel darah merah yaitu melalui jalur igd, anda biasanya tidak perlu antri berdesak-desakan melaksanakan pendaftaran ulang bpjs.

Artikel ini saya buat menurut pengalaman pribadi saat mengantar adik kandung yang terpaksa harus menjalani transfusi darah di rumah sakit umum garut lantaran tubuhnya kekurangan sel darah merah akhir menstruasi hiperbola lantaran imbas hormon di dalam tubuhnya.

Beruntung sekali untuk anda penerima bpjs yang kebetulan sering menjalani transfusi darah k Cara jalani transfusi darah gratis dengan bpjs melalui jalur IGD


Dengan dibuatnya artikel ini semoga sanggup menunjukkan info pelengkap untuk anda penerima bpjs yang kebetulan ingin menjalani transfusi darah gratis memakai jaminan dari bpjs.

Untuk menjalani transfusi darah melalui jalur igd, maka kondisi anda secara medis harus terbukti dalam keadaan gawat darurat, langkah-langkah yang sanggup anda tempuh untuk jalani transfusi darah gratis yang dijamin bpjs lewat jalur igd akan saya uraikan di artikel kali ini.

Cara jalani transfusi darah gratis dengan bpjs melalui jalur IGD

Ini khusus untuk anda yang kebetulan kondisinya gawat darurat lantaran hb drop. Ketika HB drop biasanya badan akan lemas lunglai, putih serta angan terasa mual yang sangat, pada kondisi ini anda harus segera memeriksaka diri semoga sanggup segera menjalani transfusi darah.

Walaupun kondisi anda sangat darurat, sebelum anda menjalani transfusi darah dengan bpjs melalui unit IGD rumah sakit, kondisi anda harus terbukti memang secara medis dalam keadaan gawat darurat.

Anda sanggup melaksanakan langkah-langkah di bawah ini:



1. Lakukan cek lab untuk cek HB, bergotong-royong sanggup memakai bpjs namun prosesnya akan lama, lantaran ingin cepat saya memakai pelayanan cek lab dari pihak ke 3 ( kena biaya),  hasil lab biasanya akan memilih kondisi pasien apakah perlu segera menjalani transfusi atau tidak.


2. Pergi ke dokter praktek yang mempunyai spesialisasi dengan kondisi penyakit dengan membawa hasil investigasi lab.

Untuk adik saya lantaran penyebab darah drop yaitu menstruasi berlebihm saya membawanya ke dokter seorang hebat anak dan kandungan. (ini juga perlu biaya lantaran kebetulan bukan dokter bpjs)

3.Dokter akan menunjukkan surat rekomendasi untuk rawat inap bila HB memang kondisinya drop dan mengkhawatirkan, surat rekomendasi ini harus di bawa saat menuju IGD rumah sakit.

4. Setelah mendapat surat referensi dari dokter, kemudian saya tiba ke rumah sakit pribadi ke kepingan IGD dengan membawa berkas persyaratan berikut:
  • Surat referensi dokter
  • Berkas Hasil lab
  • Asli dan Fotocopy Kartu BPJS
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Asli  dan Fotocopy KTP 
  • Surat Control  dokter bila sebelumnya pernah menjalani transfusi di rumah sakit, untuk kondisi adik saya, lantaran sering bolak-balik rumah sakit guna transfusi, setiap kali tamat dokter selalu menunjukkan surat control.

Pendaftaran IGD BPJS untuk transfusi darah 

Untuk kondisi adik saya, saya saya membawanya ke unit ugd kebidanan, di unit kebidanan biasanya akan dibuatkan berkas-berkas rekam medis pasien bpjs sebagai berikut:
  • Berkas untuk pendafaran BPJS di kepingan IGD
  • Berkas Pengambilan Obat resep
  • Berkas Penggunaan Darah + sample darah

1. Dengan membawa berkas dari unit IGD kemudian daftar ke petugas bpjs di ruang igd, jangan lupa minta surat pernyataan rawat inap dari bpjs igd.

2. Setelah itu, Tebus obat resep ke apotek khsus, di rumah sakit garut, apotek iGD berbeda dengan apotek untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap atau rawat jalan, untuk anda yang kebetulan menjalani rawat inap melalui jalur igd di rumah sakit garut, silahkan tiba saja ke apotek khusus untuk pasien igd / ponek
dengan menyerahkan berkas persyaratan dan resep dari unit IGD.

3. Selanjutnya menuju  ke kepingan lab rumah sakit untuk pengambilan labu darah, bawa berkas dan sample darah yang diperoleh dari IGD

4. Pihak lab akan meminta anda untuk berbagi berkas surat pernyataan penggunaan darah dari BPJS, silahkan datangi bpjs center dengan membawa berkas sebagai berikut, anda akan dibuatkan surat pernyataan pengambilan darah.

5. Pergi lagi ke lab untuk mengambil darah, biasanya darah tidak sanggup pribadi diambil, harus menunggu waktu beberapa jam, silahkan tiba lagi ke kepingan lab sesuaid engan agenda yang telah ditentukan.

Oleh petugas rumah sakit pasien akan ditangani dan akan ditempatkan di ruang rawat inap sesuai dengan kelas bpjs, sementara pasien sedang ditangani, anda sebagai keluarga sebaiknya mengurus berkas-berkas diatas.

 Itu yaitu salah satu alternatif yang ingin menjalani transfusi darah secara gratis dengan bpjs, melalui jalur IGD, memang tidak sepenuhnya gratis terutama saat periksa dokter umum dan investigasi lab, namun biaya di rumah sakit seluruhnya sanggup ditanggung oleh BPJS.

0 comments

Post a Comment