Sunday, February 4, 2018

Cara Mengambil Kartu Bpjs Kesehatan Berdikari Sesudah Mendaftar

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan mandiri  atau kartu indonesia sehata (KIS) sehabis mendaftar - Seperti yang tercantum dalam UU No 24 tahun 2012 wacana BPJS, menyatakan bahwa seluruh Warga negara Indonesia wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya ke BPJS Kesehatan, ada 3 jenis kepesertaan bpjs, peserta bpjs akseptor pertolongan iuran (PBI), peserta bpjs pekerja akseptor upah (PBPU) dan peserta bpjs mandiri.

Untuk menjadi peserta bpjs mandri peserta sanggup melaksanakan pendafaran secara online lewat situs resmi bpjs atau registrasi secara pribadi dengan tiba sendiri ke kantor bpjs, namun registrasi secara online hanya sanggup dilakukan khusus untuk peserta bpjs yang semua anggota keluarganya yang tercatat di KK satu pun belu ada yang sudah menjadi peserta BPJS.

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan berdikari Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan berdikari sehabis mendaftar


Pendaftaran bpjs bekerjsama gratis, anda akan dikenakan biaya untuk iuran pertama bpjs saja, besarnya iuran akan sangat dipengaruhi oleh kelas bpjs yang anda pilih, sehabis iruan di bayarkan anda akan mendapat kartu bpjs sebagai kartu identitas peserta untuk anda gunakan setiap kali ingin mendapat pelayanan kesehatan gratis yang dijamin bpjs..

Sebenarnya daftar bpjs berdikari itu mudah, persyaratannya pun juga cukup gampang ibarat apa yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai cara daftar bpjs mandiri, walupun mudah, ternyata masih cukup banyak peserta yang belum mengetahui mekanisme pendaftarannya. salah satunya yaitu cara megambil kartu bpjs sehabis mendaftar, bagaiamana cara peserta memperoleh kartu tersebut.

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan berdikari sehabis mendaftar

Untuk anda peserta bpjs yang gres mendaftar bpjs berdikari dan masih galau cara mempunyai kartu bpjs, maka artikel ini sanggup memperlihatkan warta kepada anda.

Tahapan dari mulai anda melaksanakan registrasi bpjs hingga anda mendapat kartu bpjs yaitu sebagai berikut:

1. Untuk menjadi peserta bpjs anda harus melaksanakan pendaftaran bpjs baik secara online maupun tiba pribadi ke kantor bpjs.

2. Setelah registrasi selesai, anda akan mendapat nomor virtual account (VA). VA harus anda simpan dan jangan hingga rusak. Nomor ini dipakai sebagai nomor acuan untuk melaksanakan pembayaran iuran pertama bpjs, dikala anda melaksanakan iuran pertama bpjs anda akan diminta untuk mencantumkan nomor virtual account tersebut.

Baca: Solusi bila nomor virtual account (VA) hilang atau rusak

3. Biasanya pembayaran iuran pertama bpjs gres sanggup dibayarkan sehabis 14 hari semenjak anda mendapat nomor virtual account (VA). selanjutnya silahkan bayar iuran pertama di bank yang sudah berafiliasi dengan bpjs maupun di PPOP ibarat kantor pos, alfamart atau indomart.

4. Setelah iuran pertama dibayar, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi pembayaran, bukti transaksi pembayaran dipakai untuk mengambil kartu bpjs di kantor BPJS.

5. Setelah iuran pertama anda bayarkan, maka selanjutnya anda sanggup tiba ke kantor bpjs untuk mengambil Kartu BPJS dengan membawa persyaratan :
  • Kartu keluarga (KK) dan  
  • Bukti pembayaran iuran pertama.

6. Anda dan juga anggota keluarga anda yang anda daftarkan akan dibuatkan kartu bpjs (kartu indonesia sehat) masaing-masing 1.

Setelah anda mendapat kartu, kartu tersebut sanggup anda gunakan untuk mendapat pelayanan kesehatan dari akomodasi kesehatan tingkat pertama (faskes tk 1 bpjs) sesuai dengan faskes yang anda pilih, akomodasi kesehatan (faskes tingkat 1) yang harus anda datangi untuk berobat jalan yaitu akomodasi kesehatan sesuai dengan yang tertera di kartu bpjs anda.

Itulah tahapan dari mulai daftar bpjs hingga anda mendapat kartu bpjs, memang prosesnya tidak terlalu sulit bila anda sebelumnya sudah menyiapkan segala persyaratan dan ketentuannya. supaya warta di atas bermanfaat untuk anda.


0 comments

Post a Comment