Monday, February 19, 2018

Status Penerima Bpjs Berdikari Yang Sanggup Kartu Kis Bpjs Pbi?

Ada berbagai keluhan dari beberapa peserta bpjs berdikari menyangkut perubahan kepesertaan bpjs mereka tanpa mereka perkirakan sebelumnya, awalnya mereka terdaftar sebagai peserta bpjs berdikari kemudian beberapa bulan kemudian tanpa disangka-sangka dan tanpa di kehendaki mereka jadinya mendapatkan karu KIS, sebuah kartu yang ketika ini diperuntukan bagi peserta BPJS PBI (peserta sumbangan iuran, yang iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah).

Bahkan ada juga insiden si peserta tidak sanggup didaftarkan untuk menjadi peserta bpjs perusahaan di daerah kerjanya alasannya yakni diketahui beliau sedang terdaftar menjadi peserta BPJS PBI, padahal sebelumnya beliau yakni peserta Non-PBI sehingga jalan keluarnya supaya beliau sanggup menjadi peserta bpjs ppu tubuh perjuangan yakni keluar atau mengundurkan diri terlebih dahulu dari kepesertaan bpjs PBI sebelumnya untuk menonaktifkan kepesertaan PBI, sehabis pbi non-aktif gres mereka sanggup dialihkan.

Ada berbagai keluhan dari beberapa peserta bpjs berdikari menyangkut perubahan kepesert Status Peserta BPJS Mandiri yang sanggup kartu KIS BPJS PBI?

Peralihan dari bpjs berdikari ke PBI, sebetulnya bukanlah problem jikalau si peserta sanggup menerima, apalagi kita tau bahwa dengan menjadi peserta bpjs pbi maka kita tidak harus pusing-pusing untuk membayar iuran bulanan bpjs alasannya yakni iuran akan  dibayarkan oleh pemerintah, tapi perlu anda tau bahwa dengan menjadi peserta BPJS PBI maka itu artinya anda harus rela untuk mengambil hak kelas 3 bpjs dan anda hanya sanggup melaksanakan investigasi kesehatan di puskesmas kelurahan atau desa. ditambah lagi ketika ini kelas 3 tidak sanggup naik kelas perawatan maupun turun kelas perawatan ketika anda harus di rawat di rumah sakit.

Bagaimana Status kepesertaan peserta BPJS Mandiri yang mendapatkan kartu KIS?

Pengalihan dari berdikari menjadi peserta PBI ini sanggup terjadi sebetulnya bukan tanpa alasan, ini alasannya yakni mereka sudah terlanjur melaksanakan registrasi menjadi peserta BPJS Mandiri, sementara data rekonsiliasi akseptor PBI dari dinas soasial belum diproses oleh menteri kesehatan, dikarenakan proses rekonsiliasi harus menunggu setiap 6 bulan sekali. sehingga ketika mereka sudah terdaftar menjadi peserta BPJS mandiri, data rekonsiliasi selesai diproses yang menyebabkan beliau sebagai peserta BPJS PBI pemegang kartu KIS.

Karena peserta bpjs dihentikan mempunyai kepesertaan ganda, maka untuk anda yang kebetulan secara tiba-tiba mendapatkan kartu kis dari pemerintah padahal anda masih aktif sebagai peserta bpjs mandiri, maka kepesertaan anda secara otomatis sudah beralih menjadi peserta BPJS PBI pemegang kartu kis dan hanya berhak atas kelas 3 bpjs.

Tapi iuran bulanan bpjs dari kepesertaan berdikari harus dibayarkan hingga bulan ini, dan jikalau si peserta sebelumnya menunggak maka tunggakan harus dilunasi seluruhnya, jikalau tidak maka akan mempersulit proses manajemen kepesertaan bpjs.

Apa pengaruh peralihan dari Mandiri menjadi peserta BPJS PBI?
Dampak peralihan dari peserta berdikari menjadi peserta bpjs pbi pemengang kartu KIS adalah, anda akan kesulitan ketika ingin beralih menjadi peserta bpjs ppu tubuh perjuangan atau mandiri, sehingga jalan keluarnya anda harus menon-aktifkan kepesertaan bpjs pbi anda yang biasanya harus menunggu setiap 6 bulan sekali. jikalau pbi anda berhasil di nonaktifkan maka anda gres sanggup beralih baik menjadi peserta bpjs tubuh perjuangan (bpjs ppu) maupun menjadi peserta bpjs mandiri.


Kesimpulan

Makara kesimpulannya, jikalau anda sebelumnya terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri kemudian anda tiba-tiba dikeahui sebagai pemegang kartu KIS atau sebagai peserta PBI maka, kepesertaan anda secara otomatis sudah beralih menjadi peserta BPJS PBI sebagai pemegang kartu KIS.

Dan untuk anda yang kesulitan ketika ingin beralih menjadi peserta bpjs ppu perusahaan atau tubuh usaha, maka anda harus mengundurkan diri dari kepesertaan bpjs pbi sebelumnya, supaya kepesertaan PBI anda non-aktif, jikalau kepesertaan PBI masih aktif maka hingga kapanpun anda tidak sanggup beralih baik menjadi peserta bpjs PPU mapun kembali menjadi peserta BPJS Mandiri.

Demikian artikel klarifikasi tentang Status Peserta BPJS Mandiri yang sanggup kartu KIS BPJS PBI?, semoga membantu.

0 comments

Post a Comment