Thursday, March 8, 2018

Kenapa Iuran Bpjs Kesehatan Tidak Sesuai (Penjelasan Dan Solusinya !)

Ada berbagai perkara yang belakangan ini muncul terkait isu tagihan iuran bulanan BPJS kesehatan, terutama sesudah mulai diberlakukannya sistem pembayaran VA keluarga, dari banyaknya komentar yang saya terima dari para pembaca blog ini permasalahan yang sering saya terima ialah mengenai tagihan iuran bulanan bpjs kesehatan tidak sesuai.

Beberapa perkara ada yang tagihannya tiba-tiba membengkak, ada juga yang tigihannya lebih kecil dari pembayaran biasanya. bahkan ada juga tagihan hanya muncul untuk sebagian keluarga sementara keluarga lainnya iurannya tidak sanggup dibayarkan sebab sistem tidak sanggup mendapatkan dan nomor dinyatakan tidak dikenal. sementara yang lainnya iuran bulanan ditagihkan untuk semua anggota keluarga yang terdapat Kartu Keluarga (KK) padahal ada yang belum menjadi akseptor BPJS kesehatan dan permasalahan serupa lainnya.

Ada berbagai perkara yang belakangan ini muncul terkait isu tagihan iuran bulanan Kenapa Iuran BPJS Kesehatan Tidak sesuai (Penjelasan dan Solusinya !)


Ada banyak spekulasi dari akseptor BPJS terkait permasalahan tersebut, ada yang menganggapnya kesalahan sistem ada juga yang menganggapnya adanya kenaikan iuran bulanan yang tidak mereka ketahui informasinya dan lain sebagainya, oleh sebab itu untuk memperlihatkan petunjuk dan penjelasan terhadap permasalahan di atas di artikel kali ini saya akan coba jelaskan dan uraikan bagaimana solusi terhadap permasalahan tersebut, sehingga siapapun anda yang  kebetulan sedang mengalam permasalahan menyerupai perkara di atas tau apa yang harus anda lakukan.

Penjelasan Tagihan Iuran BPJS Kesehatan Tidak sesuai !

Berikut beberapa perkara yang sering dialami oleh akseptor BPJS terkait tagihan iuran bulanan BPJS kesehatan tidak sesuai sebagaimana mestinya:

1. Tagihan iuran bulanan lebih kecil dari yang seharusnya dibayar

Kasus pertama yang pernah dialami oleh beberapa akseptor BPJS ialah tagihan iuran bulanan tiba-tiba lebih kecil dari yang biasanya di bayar, perkara ini memang sanggup saja terjadi pada akun bpjs keluarga anda, apalagi kini sistem pemayaran bpjs memakai VA keluarga, artinya 1 kali pembayaran dengan jumlah nominal untuk seluruh anggota keluarga, jikalau ditemukan perkara tagihan lebih kecil dari yang seharusnya, maka solusinya ialah sebagai berikut:

a. Bayarkan saja iuran pada bulan itu sesuai dengan tagihan yang diminta, ini untuk menghindari ada klaim sepihak dari BPJS bahwa anda menunggak jikalau tidak dibayarkan.

b. Catat berapa kurang bayar, dan simpan baik-baik nota bukti pembayaran

b. Lihat di bulan berikutnya apakah pembayaran naik atau tetap, jikalau tagihan naik berarti kemungkinan besar kurang bayar di bulan sebelumnya ditagihkan pada bulan tersebut. silahkan jumlahkan apakah jumlah tagihan sudah termasuk kurang bayar di bulan sebelumnya.

d. Jika di bulan berikutnya tagihan masih tetap lebih kecil, maka solusinya anda harus lapor ke kantor BPJS setempat: bawa persyaratan berikut:
  • Bukti nota pembayaran 3 bulan terakhir
  • Kartu keluarga
  • Kartu akseptor BPJS
Silahkan ceritakan kronologisnya dengan jelas, perkara di atas sanggup saja terjadi sebab kesalahan sistem perhitungan bpjs yang ketika ini sering terjadi.

2. Iuran Lebih besar dan Nilainya sama dengan tagihan untuk 2 bulan

Kasus berikutnya yang sering terjadi ialah Adanya tagihan lebih besar dari pada seharunya dan sesudah dihitung ternyata tagihan untuk 2 bulan padahal akseptor rutin membayar iuran bulanan setiap bulan dan tidak pernah terlambat.

Jika anda mengalami perkara menyerupai itu sedangkan anda rutin membayar iuran setiap bulan tidak pernah terlambat, maka langkah terbaik ialah pribadi menuju kantor BPJS, jangan lupa bawa persyaratan berikut:

  • Bukti nota pembayaran 3 bulan terakhir (untuk rujukan krosscek bahwa anda tidak punya tunggakan iuran)
  • Kartu keluarga (KK) wajib dibawa untuk antisifasi jikalau ditanya terkait keluarga peserta.
  • Kartu akseptor BPJS

Kemudian silahkan laporkan kejanggalan yang anda temukan.

3. Kartu BPJS tiba-tiba tidak terdaftar/tidak dikenal padahal sebelumnya tidak?

Kasus berikutnya yang juga sering saya temui dari beberapa akseptor BPJS ialah ketika akseptor ingin melaksanakan pembayaran kartu dinyatakan tidak terdaftar dan nomor tidak dikenal, sehingga pembayaran tidak sanggup dilakukan, padahal di bulan-bulan sebelumnya pembyaran normal sanggup dilakukan.

Kasus menyerupai di atas penyebabnya yang pertama kemungkinan akseptor dinyatakan mempunyai kepesertaan ganda, beberapa perkara pernah ditemukan, akseptor ternyata terdaftar sebagai akseptor BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), sehingga secara sepihak untuk menghindari double data pihak BPJS menonaktifkan kepesertaan berdikari akseptor tersebut hasilnya ketika iuran bpjs berdikari di bayarkan nomor dinyatakan tidak dikenal atau tidak terdaftar.

Untuk mengatasi problem di atas anda sebaiknya segera lapor ke pihak bpjs dengan membawa persyaratan:
  • Bawa kartu BPJS anda
  • Kartu keluarga
  • Bawa juga bukti pembayaran terakhir semoga anda sanggup memastikan tidak mempunyai tunggakan sebelumnya.

4. Iuran bulanan tiba-tiba membengkak dan ada rincian pembayaran denda rawat inap

Di artikel sebelumnya saya sudah uraikan panjang lebar penyebab-penyebab kenapa iuran bpjs kesehatan tiba-tiba membengkak, salah satu penyebabnya mungkin anda terkena denda rawat inap.

Perlu anda ketahui denda keterlambatan memang ketika ini sudah dihapuskan, namun denda sanggup dihitung ketika akseptor BPJS kesehatan diketahui menjalani rawat inap sesudah mengaktifkan kartu BPJS yang sebelumnya diblokir sebab menunggak, rawat inap dilakukan sebelum 45 hari semenjak kartu aktif kembali. jikalau demikian maka anda akan terkena denda rawat inap yang akan menjadi penambah tagihan iuran bulanan anda.

Oleh sebab itu siapapun anda yang kebetulan mempunyai tunggakan dan status kartu dalam keadaan nonaktif lalu mengaktifkan kembali kartu tersebut, sebaiknya kartu jangan pribadi dipakai untuk rawat inap sebelum 45 hari, sebab jikalau tidak maka anda akan terkena denda rawat inap yang nominalnya 2,5% dari biaya rawat inap dikali jumlah tunggakan.

Jika anda memang menjalani rawat inap sebelum 45 hari semenjak kartu aktif kembali, maka sebaiknya silahkan anda bayar tunggakan tersebut, namun jikalau anda mendapatkan tunggakan denda rawat inap sementara anda tidak pernah menjalani rawat inap maka sebaiknya anda segera lapor ke kantor BPJS setempat untuk melaksanakan klarifikasi.

5. Iuran sudah dibayarkan tapi tagihan masih muncul

Ada kalanya ditemukan juga perkara akseptor sudah melunasi pembayaran bulan yang bersangkutan namun sesudah dicek tagihan masih muncul seakan-akan pembayaran belum dilakukan?, perkara menyerupai ini kerap muncul ketika si akseptor melaksanakan pembayaran di awal bulan bayar, contohnya tanggal 1 di awal bulan.

Sebiknya dinantikan saja hingga menjelang final bulan  karena penyebabnya sanggup jadi dikarenakan data belum terbaca sistem sehingga laporan sistem akseptor seakan-akan masih belum melaksanakan pembayaran. jikalau memang sesudah berakhir final bulan tagihan masih belum ada perubahan seakan-akan premi belum di bayar maka sanggup pribadi tiba ke kantor BPJS, jangan lupa bawa nota bukti pembayaran semoga tidak diklaim belum melaksanakan pembayaran premi.

6. Kasus terkait permasalahan tagihan iuran bulanan lainnya.

Siapapun anda akseptor BPJS yang mengalami kejanggalan tagihan premi atau iuran bulanan baik tagihan kurang atau tagihan lebih yang tidak sesuai dengan seharusnya BPJS padahal memang anda merasa tidak punya tunggakan dan tidak pernah melaksanakan keteledoran apapun maka solusi terbaik anda sanggup menghubungi BPJS center atau tiba pribadi ke kantor BPJS

Jika ingin crosscek memakai layanan BPJS center anda sanggup menghubungi nomor 1500400

Atau tiba pribadi ke kantor BPJS kesehatan terdekat, jangan lupa bawa persyaratan pendukung semoga anda tidak diklaim melaksanakan kesalahan apapun misalnya:

  • Kartu BPJS
  • Nota bukti pembayaran iuran 3 bulan terakhir jangan hingga tidak di bawah
  • Kartu keluarga (KK)
Anda tinggal lapor dan ceritakan kronolgis permasalahan yang anda alami, ada kalanya kesalahan sanggup dari pihak bpjs.

Demikian wacana segala hal yang berkaitan Kenapa Tagihan Iuran BPJS Kesehatan Tidak sesuai (Penjelasan dan Solusinya !), jikalau anda kebetulan punya permasalahan sejenis, silahkan isikan didalam komentar barangkali saya atau pengunjung mempunyai solusinya, Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment