Friday, January 12, 2018

Cara Mengurus Turun Kelas Bpjs Dari Kelas 1 Ke Kelas 2 Atau Kelas 2 Ke Kelas 3

Kita ketahui bersama bahwa kelas bpjs kesehatan dikategorikan menjadi 3 kelas, kelas I, kelas II dan kelas III.

Ketiga kelas tersebut perbedaanya terletak pada besar iuran bulanan yang harus dibayarkan dan juga menentukan kelas ruang rawat inap yang menjadi hak penerima saat penerima harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Mengenai besar iuran, terakhir per 1 april 2016, pihak bpjs kembali merevisi hukum besar kecilnya iuran bulanan yang harus dibayarkan oleh penerima bpjs,  hasilnya iuran bpjs resmi naik, khusus untuk penerima bpjs yang mengambil kelas 1 dan kelas 2, sementara untuk kelas 3 besar iuran bulanan masih tetap mengikuti yang lama.

Baca: Iuran bpjs kesehatan terbaru (besar iuran, denda dan cara bayar)

Kita ketahui bersama bahwa kelas bpjs kesehatan dikategorikan menjadi  Cara Mengurus turun kelas BPJS Dari kelas 1 ke kelas 2 atau kelas 2 ke kelas 3


Adanya peningkatan iuran bpjs, untuk beberapa penerima dirasa sangat berat dan merasa terbebani, sehingga untuk mengantisifasi dari menunggak iuran, banyak penerima bpjs yang pada hasilnya menetapkan untuk turun kelas.

Untuk anda yang ingin melaksanakan turun kelas dan tidak tau cara mengurusnya, maka melalui artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara mengurus turun kelas bpjs lengkap dengan syarat dan mekanisme yang harus dilakukan peserta.

Semoga dengan artikel kali ini anda dapat mendapat isu yang cukup untuk melaksanakan turun kelas bpjs.

Cara Mengurus turun kelas BPJS Dari kelas 1 ke kelas 2 atau kelas 2 ke kelas 3

Cara mengurus turun kelas bahwasanya sangat mudah, namun anda harus memperhatikan ketentutannya terlebih dahulu, sebab kalau tidak kemungkinan pengajuan turun kelas yang anda lakukan tidak dapat diproses.

Ketentuan turun kelas BPJS 

Untuk anda yang ingin turun kelas maka ketentuannya yakni sebagai berikut:

1. Turun kelas tidak dapat dilakukan secara online, tapi harus dilakukan di kantor bpjs kesehatan cabang terdekat, diutamakan anda menentukan kantor bpjs yang sama saat anda menciptakan kartu bpjs.

Update:
Sekarang sudah ada aplikasi pindah faskes via online.

2. Turun kelas hanya diperbolehkan untuk penerima bpjs mandiri, untuk penerima bpjs ppu (bpjs keseahatan tubuh usaha), kelas yang diambil diadaptasi dengan honor pokok penerima yang bersangkutan, tidakbisa pindah kelas sembarangan.

3. Turun kelas hanya dapat dilakukan kalau seluruh anggota keluarga sesuai KK yang terdaftar bpjs, usia kepesertaan sudah minimal 1 tahun / 12 bulan, atau sudah 1 tahun dari proses pindah kelas sebelumnya.

Persyaratan untuk mengurus turun kelas BPJS Keseahatan

Sedangkan persyaratan untuk turun kelas bpjs yakni sebagai berikut:

1. Peserta tidak punya tunggakan, kalau punya tunggakan maka penerima wajib melunasinya terlebih dahulu sebelum melaksanakan pindah kelas.

2. Membawa Asli dan Fotocopy KTP

3. Membawa Fotocopy KK

4. Mengisi formulir perubahan data kepesertaan anda dapat download formulir tersebut, kemudian print/  cetak kemudian isi, atau anda juga dapat mengisinya di kantor bpjs.

5. Membawa bukti pembayaran iuran terakhir
Tidak wajib namun untuk antisifasi kalau terjadi ketidak cocokan data iuran, maka ini dapat menjadi bukti yang berpengaruh bahwa anda tidak mempunyai tunggakan.

6. Membawa Kartu BPJS / JKN Asli


Prosedur mengurus turun Kelas BPJS Kesehatan

Setelah anda melengkapi persyaratan turun kelas dan juga memenuhi ketentuan turun kelas yang sudah ditetapkan maka mekanisme untuk mengurus turun kelas yang dapat anda lakukan yakni sebagai berikut:

1. Datang ke kantor cabang bpjs terdekat di kota anda.
Sebaiknya pilih kantor cabang bpjs kawasan anda melaksanakan registrasi bpjs kesehatan sebelumnya, tiba pagi-pagi, supaya mendapat nomor antrian paling awal, sebab beberapa kantor bpjs memberlakukan antrian.

2. Jika giliran anda, maka Anda akan dipanggil oleh petugas, silahkan jelaskan kepada petugas bpjs mengenai keperluan anda, bilang saja ingin turun kelas.

3. Pihak bpjs akan memproses perpindahan kelas yang anda lakukan, dan anda akan mendapat kartu bpjs gres dengan kelas gres sesuai dengan yang anda pilih.

0 comments

Post a Comment