Tuesday, January 9, 2018

Masa Berlaku Kartu Bpjs Kesehatan Untuk Anak Pns/Tni Polri ?

Salah satu jenis kepesertaan bpjs adalah  bpjs Non Penerima dukungan iuran untuk pekerja peserta upah, yang dapat dikategorikan peserta bpjs jenis ini diantaranya ialah Pegawai pemerintah menyerupai PNS, TNI/ POLRI dan pegawai Non pemerintah.

Baik pegawai pemerintah maupun pegawai non pemerintah akan didaftarkan oleh instansinya atau perusahaannya menjadi peserta bpjs kesehatan pekerja peserta upah (BPJS PPU).

Peserta jenis ini iuran bulannya sebagaian akan dibayarkan oleh instansi terkait, sedangkan sebagian lagi akan dipotong dari honor bulanan pegawai yang bersangkutan,s elain itu kelas BPJS yang dapat dipilih juga akan sangat ditentukan dari honor pokok bulanan setiap pegawai, mereka hanya berhak atas kelas I bpjs atau kelas II bpjs.

Salah satu jenis kepesertaan bpjs ialah Masa Berlaku Kartu BPJS Kesehatan untuk Anak PNS/TNI Polisi Republik Indonesia ?


Keuntungan menjadi peserta BPJS PPU ini ialah dapat menanggung hingga 5 anggota keluarga yang meliputi, Peserta yang bersangkutan, Pasangannya (suami / istri) dan 3 orang anaknya anak ke 1 hingga ke 3, sementara untuk andak ke 4 dan seterusnya harus menjadi peserta mandiri.

Masa Berlaku Kartu BPJS untuk Anak PNS/TNI Polisi Republik Indonesia ?

Untuk anak yang menjadi tanggungan peserta BPJS dari orang bau tanah PNS dan atau TNI/ POLRI, ada batasan usia yang harus diperhatikan, Batas usia tersebut memilih masa berlaku kartu bpjs untuk anak PNS tersebut.

Batas Usia anak PNS atau Tentara Nasional Indonesia / Polisi Republik Indonesia ialah 21 tahun, namun kalau masih kuliah dapat diperpanjang hingga 25 tahun.

Selama usianya di bawah 21 tahun bagi yang tidak kuliah atau dibawah 25 tahun bagi yang sedang kuliah maka mereka masih dapat menjadi peserta BPJS PPU ikut tanggungan orang tuanya.

Jika usianya sudah melebihi batas ketentuan, maka kartu peserta bpjs akan pribadi dinonaktifkan atau diblokir dan si peserta tidak akan dapat mendapat pelayanan kesehatan dari bpjs.

Untuk mengaktifkan kembali kartu bpjs anak PNS yang usianya sudah lebih dari 21 tahun atau 25 tahun untuk yang masih kuliah, caranya yaitu dengan beralih menjadi peserta bpjs mandiri atau peserta bpjs perusahaan kalau sudah bekerja.

Demikian artikel singkat mengenai  Masa Berlaku Kartu BPJS untuk Anak PNS/TNI Polisi Republik Indonesia ?, agar bermanfaat.

0 comments

Post a Comment