Thursday, February 1, 2018

Cara Memakai Bpjs Untuk Melahirkan Di Luar Kota / Kawasan ?

Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya wacana 9 tips mempersiapkan persalinan biar sanggup ditanggung bpjs, laba menjadi penerima bpjs salah satunya ialah sanggup dipakai untuk melahirkan baik lahiran normal ataupun caesar, namun tetap penerima harus menempuh alur acuan bpjs yang dimulai dengan investigasi dari faskes tingkat 1 yang dipilih oleh penerima sesuai dengan yang tertera di kartu bpjs. kecuali untuk pasien gawat darurat, sanggup pribadi di bawa ke rumah sakit walaupun berada di luar kota/ tempat luar domisili.

Untuk beberapa penerima yang kebetulan sedang menunggu proses lahiran, terkadang proses lahiran ingin dilakukan di luar wilayah penerima bpjs terdaftar, contohnya ingin lahiran di rumah orang bau tanah yang kebetulan ada di luar kota atau provinsi, atau sanggup juga lahiran yang tidak dikehendaki, ibarat contohnya dikala sedang melaksanakan kunjungan ke luar tempat proses lahiran terjadi.

Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya wacana  Cara Menggunakan BPJS untuk melahirkan di luar Kota / tempat ?

Sebagai penerima bpjs terperinci ingin memanfaatkan kartu bpjs biar biaya proses lahiran sanggup ditanggung sepenuhnya oleh bpjs, sayangnya secara prosedur, seharusnya proses lahiran yang sanggup ditanggung oleh bpjs ialah proses lahiran yang harus sesuai dengan mekanisme yaitu dimulai dari faskes tingkat 1, yang lalu jikalau memang harus di rujuk ke rumah sakit harus atas acuan faskes tingkat 1, jikalau tidak sesuai mekanisme maka biaya harus ditanggung oleh sendiri.

Lantas bagaimana jikalau proses lahiran terjadi di luar kota atau diluar tempat penerima bpjs terdaftar apakah masih sanggup memakai layanan bpjs ?

Untuk permasalahan tersebut saya akan coba uraikan di artikel ini, semoga dengan membaca artikel ini anda mempunyai citra bagaimana biar proses lahiran di luar kota sanggup memakai layanan bpjs.

Cara Menggunakan BPJS untuk melahirkan di luar Kota / tempat ?

Untuk anda penerima bpjs yang kebetulan ingin merencanakan proses lahiran di luar kota/ daerah, maka anda sanggup memakai kartu bpjs anda untuk persalinan supaya biaya persalinan sanggup sepenuhnya ditanggung oleh bpjs.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Alternatif  ke #1:

Untuk melaksanakan persalinan atau lahiran di luar kota anda tetap sanggup memakai kartu bpjs anda sekarang, namun anda harus menciptakan surat pengantar kunjungan faskes dari kantor bpjs, berhubung proses lahiran yang dijamin bpjs tetap harus mengikuti alur berjenjang dengan tiba ke faskes terdekat di luar kota tempat anda berada.

Surat pengantar tersebut perlu di buat dengan alasan untuk menghindari penolakan dari faskes setempat yang anda pilih untuk proses persalinan.

Langkah-langkah yang harus anda tempuh ialah sebagai berikut:

1. Buat surat keterangan domosili dari RT/RW setempat.

2. Tentukan faskes yang terdapat dilokasi terdekat untuk nanti penerima melaksanakan proses persalinan/ investigasi persalinan

3. Datang ke kantor bpjs untuk menciptakan surat  pengantar kunjungan dari bpjs ke faskes yang telah ditentukan dengan membawa surat keterangan domisili.

Surat kunjungan tersebut dibutuhkan biar tidak terjadi penolakan dari faskes yang dipilih alasannya ialah memang faskes tersebut tidak sesuai dengan faskes peserta.

4. Lakukan persalinan dengan tiba pribadi ke faskes yang dipilih dengan membawa persyaratan:
  • Kartu BPJS peserta
  • Surat pengantar dari bpjs
  • KTP

Peserta akan dilayani sebagaimana penerima bpjs untuk faskes yang bersangkutan, jikalau proses persalinan secara medis harus dilakukan di rumah sakit, maka faskes akan menciptakan surat acuan ke rumah sakit untuk proses persalinan peserta.

Jika kondisi gawat darurat, maka penerima sanggup pribadi tiba ke IGD rumah. pasien IGD sanggup dijamin oleh bpjs walaupun diluar kota.


Alternatif ke #2: 

Anda juga sanggup menentukan alternatif ke 2 yaitu dengan cara pindah faskes tingkat 1 dengan menentukan faskes yang terdekat dimana penerima akan melaksanakan proses persalinan.

Menurut saya ini yang paling gampang dan cukup aman, jikalau kepesertaan sudah lebih dari 3 bulan penerima sanggup melaksanakan pindah faskes dengan menentukan faskes di luar kota untuk melaksanakan proses persalinan.

Langkah-langkah untuk pindah faskes di luar kota ialah sebagai berikut:

1. Buat surat kterangan domisili dari RT/RW setempat

2. Datang ke kantor bpjs untuk melaksanakan perubahan data fasekses dengan membawa surat keterangan domosili.
Pihak bpjs akan menyebarkan kartu bpjs gres dengan faskes gres yang terdekat dengan domisili anda.

3. Untuk melaksanakan proses persalinan tetap harus dimulai dari faskes tingkat 1, silahkan tiba ke faskes tingkat 1 dengan membawa persayaratn investigasi bpjs di faskes tingkat 1, kecuali gawat darurat sanggup pribadi tiba ke UGD rumah sakit.

0 comments

Post a Comment